SUP BUNGA MATAHARI

Mungkin karena bentuknya yang mirip dengan bunga matahari .............sehingga sup inipun dikenal dengan nama SUP BUNGA MATAHARI.
Sup ini asli makanan dari SOLO, tetapi tidak banyak dijual di rumah makan SOLO sana. Waduh ....kok antik bener nih makanan. Karena konon, sup ini hanya disajikan di acara-acara tertentu. Seperti acara hajatan perkawinan. So....kalo mau icip makanan yang satu ini nunggu ada undangan acara manten di Solo atau ya paling apes kita membuat sendiri ....hehehehehehe.........
Makanan ini sebagai makanan pembuka, karena adat di Solo, saat menghadiri undangan perkawinan, semua undangan duduk manis di kursi yang sudah disediakan.Lalu tamu diberikan segelas teh untuk pelepas dahaga. Setelah teh membasahi kerongkongan, baulah menu pembuka seperti ini bisa kita icipin. Tentunya porsi makanan pembuka porsinya kecil banget ya, jadi kalo yang suka makan pastilah hanya pengganjal sesaat saja .......hihihii.
Dan selanjutnya tamu akan diberikan makanan utama yang berupa nasi, yaitu nasi campur kalo menurutku. ini baru makan besarnya .......dan sebagai penutup biasanya kita diberikan penyegar seperti es puding gitu.
untuk menjawab kekepoan gimana sih rasa sup bunga matahari ini, yuk kita coba sendiri aja bikin dirumah. Selain lebih sehat, karena tanpa MSG tentunya, ramah di dompet mamah-mamah....dan lebih puas menyantapnya. dan yang utama .....memasaknya pun dengan bumbu CINTA .....pasti lebih Mak Nyusss ....




SUP BUNGA MATAHARI
by mamadin
BAHAN :
1 buah wortel ukuran sedang, kupas, serut
50 gr jamur kuping basah, iris-iris
2 sdm kacang polong
1 buah sosis sapi, potong bulat
25 gr soun, seduh dengan air panas

Dadar telur :
3 butir telur ayam
1 sdm tepung maizena
50 ml air

Adonan Ayam
200 gr daging ayam giling
50 gr udang, cincang halus
1 sdm tepung kanji
1 siung bawang putih
½ sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
Garam dan gula secukupnya, sesuai selera

Kuah Bening :
600 ml air kaldu ayam
4 batang daun seledri
1 siung bawang putih goreng, geprek
½ sdt merica bubuk
Pala sedikit
Gula garam secukupnya

Pelengkap :
Sambal kecap
Irisan seledri dan bawang merah goreng


Cara Membuat :
1.       Buat kuah bening, dengan memasak semua bahan kuah bening sampai mendidih. Sisihkan.
2.       Buat dadar telur tipis dengan adonan telur diatas. Sisihkan.
3.       Campurkan bahan adonan ayam, aduk hingga rata dan tes rasa.
4.       Penyelesaian : Tata di atas telenan, telur dadar lalu tata wortel, kacang polong, sosis, soun, dan jamur  diatasnya, beri  adonan ayam, rapikan dengan melipat telur dadar ke atas lalu dibalik. Kukus bungkusan dadar telur selama 30 menit.
5.       Penyajian : Diatas piring , letakkan adonan telur dadar  yang sudah dikukus tadi. Potong bagian atas telur menjadi  5 atau 6 bagian, buka satu persatu sehingga menyerupai kelopak bunga.
6.       Sajikan bersama kuah dan pelengkapnya.


Komentar

Posting Komentar