Pelatihan Alfamart dan The Jannah Institute


PELATIHAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT


- KHUSUS PEREMPUAN -



Alhamdulillah hari ini, Kamis 11 Oktober 2018 saya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan oleh founder The Jannah Institute yaitu mbak Prita HW.
Pelatihan ini di khususkan untuk perempuan yang dihelat oleh Alfamart dan The Jannah Institute.

Pukul 8.30 peserta mulai berdatangan di lokasi acara, yaitu CafĂ© Sederhana jalan Kalimantan Jember.  Terlihat semangat dari wajah peserta yang keseluruhannya ibu-ibu dengan berbagai kalangan pekerjaan. Ada yang meman fulltime mom, pengusaha, blogger, dan juga mahasiswi.  Dan saya merasa bersyukur sekali dipertemukan Allah  dengan wanita-wanita yang luar biasa, yang sangat bersemangat sekali menuntut ilmu.

Kira –kira pukul 9.00 lebih, sang host acara ini yaitu mbak Prita, mulai membuka acara pelatihan dengan semangat sekali. Sehingga suasanya semakin gayeng, walaupun awalnya kita sebagai peserta tidak mengenal satu sama lainnya.  Dan mbak Prita menjelaskan urutan acara serta pembawa materinya.

Acara selanjutnya sambutan dari pak Yosia, selaku Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Jember. Beliau menyampaikan Alfamart  ingin merambah dunia.  Hal ini di buktikan dengan adanya 350 toko di Filipina. Bapak Yosia  ini juga bertanggung jawab dengan 1400 alfamart di Jatim.
Dan beliau menyampaikan keuntungan dengan memiliki kartu member Alfamart yang dikenal dengan kartu Ponta. Setiap transaksi yang dilakukan di Alfamart dengan kartu ponta sebesar 200 rupiah akan mendapatkan 1 poin yang bisa dikumpulkan untuk bisa dibelanjakan kembali di alfamart.

Dan ternyata, setiap hari Rabu ada program semacam belanja dengan menukarkan poin di Alfamart, yang mkadang kita bisa beli minyak sharga 26 ribu menjadi 12 ribu.
Wah……ini baru info menarik buat ibu-ibu seperti saya tentunya …….hehehehehe.


Acara selanjutnya pemaparan Kampung Recycle dari Ibu Mira Christina Effyati yang biasa di panggil ibu Efi, sebagai koordinator Bank Sampah Kampung Recycle Jember yang beralamat di  Perumahan Taman Gading blok AF-15 Jember. Di Kampung Recycle ini beliau mengkoordinir sampah –sampah kering seperti botol, kaleng, tempat cat, dan lain sebagainya untuk dijadikan barang-barang yang nilainya jauh lebih baik secara ekonomi. Dengan mendesain dan mengecat barang tersebut sehingga menjadi indah dipandang dan bermanfaat.
Di kampong Recycle ini, beliau juga mendirikan koperasi yang keberadaannya tentunya memberikan dampak positif bagi anggotanya yang kebanyakan ibu-ibu rumah tangga.
Salut sekali untuk ibu Efi yang benar-benar memberdayakan dan membangkitkan semangat anggotanya untuk menyelamatkan bumi dengan kampong Recycle ini.
Dan di acara ini juga diperkenalkan salam Recycle ……….
"Sampah aja diperhatiin …..apalagi Kamu……."




Ibu Efi juga mengobati ke kepoan kita tentang Decopage. Disini kita juga praktek menghias botol bekas dengan teknik decopage.



Bahan-bahan yang digunakan adalah sbb :
Botol bekas UC 1000
 cat decopage
tissue makan bergambar yang sudah digunting polanya
Lem fox
Spon untuk cuci piring yang lembut
Vernish
Kuas kecil
Caranya :
1.    Botol UC 1000 dicuci bersih dan keringkan, setelah itu dicat dengan cat decopage menggunakan spon cuci piring sehingga didapatkan motif sesuai keinginan kita.
2.    Beri lem tipis di seluruh botol dengan menggunakan kuas sampai rata, lalu keringkan sampai benar-benar kering.
3.    Setelah kering, saput botol dengan varnish menggunakan kuas sampai rata. Keringkan kembali.
4.    Botol cantik siap digunakan sesuai kebutuhan kita. 




Semua peserta antusias sekali di sesi ini, karena hasil karya kita bisa kita bawa pulang untuk ditunjukkan ke anak-anak kita, ternyata barang bekas yang biasanya berakhir di tong sampah bisa di sulap cantik dan bermanfaat.



Acara dilanjutkan dengan pemateri bapak Taufik Hidayanto sebagai Sales Store Point Manager Alfamart Jember. Beliau memaparkan keinginan Alfamart yang berorientasipemberdayaan pedagang kecil untuk maju bersama-sama. Karena banyak pandangan masyarakat umum yang berpikiran jika ada alfamart di daerah tersebut, akan mematikan toko kelontong kecil disekitarnya. Tetapi dengan hadirnya SSP ini Alfamart justru membina dan mensupport pedagang kecil disekitarnya.


Lalu di akhir sesi dijelaskan mengenai Alfamind oleh bapak Bagus Alfian, selalu Manager Virtual Store International Business & Technology Alfamart. Dengan Alfamind dimungkinkan sebanyak orang memiliki took ritelnya sendiri didalam smartphone dengan ribuan produk siap jual bebas repot operasionalnya dan pasti dapat untungnya.
4 langkah mudah untuk menjadi pemilik toko :
1.    Download aplikasi Alfamind LITE di google playstore.
2.    Daftarkan diri kita melalu aplikasi tersebut.
3.    Top up saldo kita melalui took Alfamart atau alfamidi terdekat dengan tempat tinggal kita.
4.    Kita siap berjualan.
Ayo segera miliki toko ritel virtual kita, dengan smartphone yang kita punya. Paling tidak kebutuhan sehari-hari kita terpenuhi tanpa repot keluar rumah.

Dengan berakhirnya pemaparan dari bapak Bagus Alfian ini, berakhir pula acara pelatihan ini. Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang.

Alhamdulillah hari ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan . Semoga The Jannah Institute dan Alfamart makin berkembang dan sukses untuk memberdayakan perempuan lebih banyak dan lebih luas daerahnya, sehingga walaupun kita sebagai ibu rumah tangga, bisa memperoleh ilmu lebih baik lagi.

Komentar