LOMBA KULINER SEHAT DAN KREATIF DALAM RANGKAIAN ACARA SEWINDU FESTIVAL EGRANG TANOKER 2017 DI LEDOKOMBO JEMBER



Saat mbak Indah teman mamadin yang sama-sama hobby  baking tiba-tiba kirim poster Lomba Kuliner Sehat dan Kreatif dalam rangkaian acara Festival Egrang Tanoker 2017 tanoker.org, kala itu ingin ikutan aja. Begitu melihat tema perlombaan yang diangkat yaitu "Seni Kuliner Tradisional" langsung kepala berputar nyari ide masakan lokal Jember yang bisa diangkat untuk bahan lomba. Semakin membaca bagian bawah .......semakin kabur pandangan mata mamadin ......karena nantinya tiap kelompok harus menyajikan 1 paket yang terdiri dari makanan berat, makanan ringan, dan minuman.
mending kalau cuman masak tradisional ....lha ini harus patuh syarat ...makanan berat berbahan TEMPE ....makanan ringan yang non terigu ...dan minuman berbahan nabati. Aihhhh .....mati gaya benerrrrrrr ini......diskusi sana sini akhirnya ....nyerah dehhhh ......gak pengen daftar.


Menjelang 2 hari  sebelum hari akhir pendaftaran ......eh di Instagram mamadin muncul lagi gambar poster lomba kuliner ini .....mulai deh tergelitik hati ini pengen ikut.....Tetapkan hati ... Mantapkan langkah ....Bissmillah....ikut ......n sekedar meramaikan dan memeriahkan Festival Egrang 2017....dengan tujuan supaya Jember lebih terkenal lagi. Hanya melalui hal-hal begini kita bisa membantu mempromosikan Jember..

Mulailah mencari partner yang siap metal nih .......siap jadi penggembira juga .....dan bertemulah dengan mbak Indah Setyorini yang sehari-harinya mengepalai urusan dapur Mrs D yang kuenya enak-enak......dan Mr. Fajar Pramono yang kesehariannya mengepalai dapur di Cruis-Cruise mancanegara. Lengkap nih teamnya....sudah 3 orang .....

Dengan ide dari kita bertiga, mulailah kita susun menu yang nantinya akan disajikan saat lomba nanti. Karena kebetulan juga ada 3 jenis sajian ....gampanglah kita membagi kerjaannya .....tetapi kita juga pusing saat menentukan masakan apa yang cocok untuk tema lomba masakan tradisonal ini. Dan sementara itu kita berkomunikasi dengan menggunakan WA grup .....ternyata ruwet juga ya kalau tidak ketemu. Karena masing-masing orang punya pemikiran yang berbeda....hehehehe...dan sekalian diskusi masalah penyajian nantinya.


Inilah Team Hore Kami


Akhirnya kita sepakati, kita mesti ketemu supaya lebih jelas dengan syarat dan ketentuan lomba. Dari pertemuan itu kita sepakat mengangkat menu makanan berat TEMPE BUMBU AGE. Kenapa BUMBU AGE??? .....sejatinya bumbu age ini disajikan dengan bahan utama daging. jadi terkenalnya Daging BUMBU AGE, yang selalu tersaji saat ada suatu hajatan di kabupaten JEMBER khususnya. Jadi bisa kita kategorikan bumbu age ini sebagai ciri khas daerah JEMBER. Kita juga menyandingkan TEMPE bumbu AGE ini dengan serundeng Tempe. Serundeng biasanya identik dengan daging juga. Tapi karena syarat lomba ini mewajibkan tempe sebagai bahan utamanya, ya mau tak mau kita harus berkreasi dengan TEMPE. Meskipun hanya "TEMPE" tidak diragukan lagi gizi yang terkandung didalamnya.

Sebagi pendamping kedua menu itu, team mamadin juga menyuguhkan nasi bakar IJO DAUN KELOR. Whotsssss ......daun kelor campur sama nasi .......bayangin aja belum pernah ....hehehehe.....
Tapi karena daun kelor ini lagi kekinian dan naik daun ....kita coba untuk pewarna nasi putih ini ......kan orang Indonesia kalo gak ada nasi namanya ...belum makan ......walaupun ada sumber karbohidrat yang lain.
Kata orang sih ...daun kelor kalau dicampur sama makanan ...pasti keluar aroma langu .....duhhh ...bahasa umumnya langu apa ya .....tetapi saat kita eksekusi resepnya ....tidak berasa langu sama sekali.....dan warnanya juga menggugah selera ....apalagi setelah dibakar ......hmmmmmm ........enaknya ....



 Parade Nasi Team Kita


Untuk makanan ringan, kita mencoba mengangkat TIWUL dan MATA RODA SINANG ( Singkong Nangka). Kedua bahan ini sama-sama terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Untuk TIWUL, kita memakai tepung mocaf yang notabene juga berasal dari singkong. Selain bahan non terigu, kita juga berusaha memberikan bahan pewarna alami untuk kue-kue yang kita buat. Team kami membuat TIWUL merah dengan warna yang berasal dari buah NAGA yang juga merupakan potensi lokal Jember. Dan kue MATA RODA yang saat ini sudah jarang dibuat lagi ......padahal enak sekali ....
Kue MATA RODA ini sebenarnya semacam LEMET, tetapi tengahnya di beri pisang raja, sehingga saat diiris bagaikan mata ...


 Parade Jajanan


Menu minuman kita sepakat mengangkat tempe dan bahan alami untuk membuatnya. Mulailah kita mencoba JUICE TEMPE REMPAH dan JUICE DETOX HATI GEGANA ........dengan harapan yang minum juice ini bebas dari HATI yang GElisah  GAlauuu dan meraNA .....hehehehehe.
JUICE TEMPE REMPAH yang kami sajikan teksturnya mirip-mirip dengan beras kencur dan rasanya ....woowwww ...gak nyangka kalau enak dan sueger banget saat ditambahkan es.Tidak ada aroma langu sama sekali dari bahan tempe itu........Jauh sekali dengan apa yang kita bayangin sebelumnya.
Untuk JUICE TEMPE REMPAH ini kita menggunakan rasa manis dari gula merah yang memang banyak di produksi masyarakat lokal di Jember ini. Dan unuk JUICE DETOX HATI GEGANA ini merupakan campuran sayur-sayur yang terdiri dari wortel, seledri, dan lemon. Dijamin deh ....habis minum ini ....fresh banget rasanya. Karena banyak sekali vitamin-vitamin di dalam juice itu yang pastinya di butuhkan tubuh kita.


Parade Minuman Sehat Alami


Penyajian makanan di team kami, bertemakan  PARADE ......karena kota  Jember sendiri identik dengan masyarakat pendatang yang berasal dari berbagai daerah, sehingga beragam sekali budaya yang ada. Termasuk kuliner yang ada di Jember ini. Salah satu warisan budaya di jember adalah BANCAAN atau selamatan  yang sering di gelar  masyarakat  Jember berkaitan dengan even even tertentu, baik itu kelahiran, pernikahan, kehamilan, ataupun kematian.
Kami mengambil tema parade ini, karena sajian  yang beragam saat ada acara bancaan ini.   Baik makanan, kue maupun minuman yang dihidangkan untuk tamu. Dan  tema PARADE ini kami angkat juga dalam rangka JEMBER sebagai Kota Karnaval dengan di gelarnya even tahunan JFC.

Dan tidak dinyana pula ........ternyata di akhir acara ...Alhamdulillah.team kami mendapat hadiah luar biasa dari Allah ....yaitu sebagai Juara ke 2 diantara total  hampir 50 peserta.Surprise banget lah buat kita........karena kita awalnya hanya sebagai team hore saja .......mudah-mudahan kedepannya kita mempersiapkan lebih baik lagi.


Diambil dari Ig Tanoker.id


Harapan kami dengan Lomba Kuliner  Sehat dan Kreatif ini banyak memperoleh variasi makanan yang lezat bergizi dan tentunya sehat yang terbuat dari bahan-bahan lokal, supaya kita bisa membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan  berkualitas melalui dapur di rumah kita sendiri. Mulailah perubahan itu dari kita sendiri. 



.

Komentar